Cara membuka File DjVu di PC Windows & Mac


Anda yang sering mendownload artikel ataupun komik dalam bentuk ebook pastinya pernah mendapatkan file berupa DjVu, bukan berupa file pdf ataupun word ataupun file-file yang sudah biasa ditemui dalam dunia online lainnya.

Apa itu File DjVu??

Mungkin sudah banyak yang tahu, tapi pastinya juga sebagian ada yang belum tahu.
File DjVu (dibaca "déjà vu") adalah format untuk berkas dokumen yang berupa gabungan media berupa gambar-gambar maupun teks dalam sebuah berkas file atau ebook alternatif selain pdf dan format file dokumen lannya seperti eBook (ePub, Mobi), XPS, CHM, Comic Book (CBZ and CBR).

DjVu Sendiri merupakan seperangkat Teknologi kompresi, format file, perangkat lunak (software Platform) untuk pengiriman dokumen digital, dokumen yang dipndai (scanned documents), dan gambar beresolusi tinggi melalui web.

Dibandingkan Pdf, Dokumen atau file dalam format DjVu bisa menampilkan dengan cepat halaman-halaman dokumen yang sama-sama beresolusi tinggi tapi dengan ukuran file yang lebih kecil dan ringan saat di zoom, putar, maupun digeser, tanpa delay yang lama.

DjVu awalnya dikembangkan di AT&T Labs-Research. Pada bulan Maret 2000, AT&T menjual DjVu ke LizardTech Inc. yang sekarang mendistribusikan plug-in Windows / CE / Mac, dan encoder komersial.

Nah bagaimana cara untuk membuka & membaca file DjVu ini??

Untuk membuka file DjVu diperlukan software khusus yang disebut Dejavu Reader. Ada berbagai macam DjVu Reader, baik itu DjVu reader untuk windows 10 maupun versi sebelumnya, DjVu reader untuk android, maupun DjVu reader yang portable tanpa arus install di komputer dulu.

Berikut beberapa software pembaca file DjVu (DjVu Reader) gratis yang bisa Anda gunakan, untuk mendownloadnya langsung klik pada anama software masing-masing :

1.   Free DjVu Reader. Software ini paling praktis & sederhana tampilannya, kekurangannya hanya bisa untuk membaca file DjVu saja tidak bisa membaca jenis file lainnya & hanya untuk Windows.

2.   DjVuLibre, Software ini bisa diunduh langsung di situs resminya http://djvu.sourceforge.net/, disana tersedia banyak pilihan bagi yang ingin software untuk pc dengan system operasi windows, macos, bahkan Ubuntu.

3.   WinDjView, Yang ini support untuk semua Versi windows (10, 8, 7, Vista, XP, Server 2008, Server 2003) juga bisa tersedia MacDjView untuk Mac OS X.

Dan masih banyak lagi yang lainnya silahkan cari sendiri di google, Berikut contoh Tampilan Free DjVu Reader bisa dilihat pada gambar di bawah ini :




Selain dengan menggunakan software untuk PC diatas, DjVu juga bisa dibuka pada perangkat smartphone android, beberapa aplikasi DjVu reader for android diantaranya adalah : EbookDroid – PDF & DJVU reader, Document Viewer: PDF,DjVu,...dll.. Lebih Mudahnya langsung saja klik disini DjVu reader for android, dan silahkan Anda pilih seniri aplikasi yang Anda suka.

O,ya selain cara-cara diatas masih ada cara lain untuk bisa membuka & membaca file DjVu, cara ini bisa digunakan bagi Anda yang merasa ribet & malas jika harus instal software atau aplikasi baru. Bagaimana caranya? Akan saya bahas pada Post saya selanjutnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url