Mitos dan Realitas Tentang Sukses

 

Mitos & Realitas Tentang Sukses, Mitos kesuksesan, fakta tentang kesuksesan


Setiap orang pasti memiliki keinginan yang sama dalam kehidupan ini, yaitu meraih KESUKSESAN.

Tapi, walau cita-citanya sama-sama ingin sukses, Ukuran kesuksesan  tiap orang akan berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

Umumnya, dalam pikiran banyak orang sukses selalu diidentikkan dengan kedudukan tinggi, pendidikan tinggi dan kekayaan yang melimpah atau punya banyak uang.

Dan dalam perjalanan orang-orang dalam mencari jalan kesuksesannya masing-masing, Sering kali berhadapan dengan berbagai anggapan, kepercayaan ataupun mitos tentang kesuksesan ini, apa sajakah itu?? Mari kita simak beberapa mitos tentang kesuksesan dan kebenarannya.

1.      Ada Mitos yang mengatakan bahwa orang dengan memiliki latar belakang pendidikan yang rendah tidak akan bisa sukses.

Tapi pada Kenyataannya setiap orang bisa meraih kesuksesan meskipun pendidikannya tidak tinggi, bahkan banyak di dunia ini orang yang tidak mengenyam pendidikan di sekolah pun bisa menjadi orang yang sangat sukses melebihi orang yang berpendidikan tinggi. Yang terpenting adalah Niat dan kemauan, usaha dan kerja keras serta jangan lupakan doa kepada Allah Tuhan yang Maha Esa. Karena sejatinya akan tetap kembali pada pepatah manusia hanya bisa merancang, tapi Tuhan jugalah yang menentukan hasil akhirnya.

Oh ya meskipun faktanya di dunia ini banyak orang yang bisa sukses tanpa pendidikan yang tinggi, tapi pendidikan tetaplah hal yang penting, Pengalaman & pergaulan di lingkungan sekolah akan menambah wawasan kita, mengubah cara berpikir kita menjadi lebih terbuka, tidak gampang dibodohi, dan agar saat kita sudah sukses, Kesuksesan yang telah dicapai dapat bertahan lama.

2.     Mitos mengatakan kesuksesan dapat diraih jika seseorang bekerja lebih keras & lebih lama, misal lebih dari 60 jam dalam seminggu.

Sebenarnya bukan pada berapa keras dan lamanya bekerja, tapi bagaimana Anda bisa menyelesaikan tugas dengan benar.  Akan sia-sia bila Anda bekerja dengan waktu yang panjang tetapi tidak bisa diselesaikan dengan baik. Untuk meraih kesuksesan, Anda harus mengetahui bagaimana memanfaatkan waktu agar menghasilkan yang terbaik. Bekerja dengan cara Efektif dan efisien. Tidak hanya bekerja keras tapi juga harus berkerja dengan cerdas.

Nah, untuk bisa bekerja dengan cerdas tapi Efektif dan efisien, tapi hasil maksimal, Anda perlu menambah ilmu, keahlian dan skill Anda. Investasikan sebagian uang dan waktu Anda untuk menambah ilmu-ilmu baru yang Anda perlukan untuk meraih kesuksesan Anda.

3.     Mitos kesuksesan hanya dapat dicapai jika anda mengikuti arus, (aturan baku yang berlaku di masyarakat atau yang diyakini banyak orang) atau ibaratnya mengambil jalan yang sudah bnyak dilalui orang, misal saat masyarakat di lingkungan kita berbondong-bondong jadi PNS, lalu kita ikut bersaing untuk menjadi PNS, jika tidak, kita tidak akan bisa jadi orang sukses, lalu dihalalkan cara apapun agar bisa menjadi seoarng PNS, walaupun dengan cara yang salah sekalipun.

Pada kenyataannya, setiap orang mempunyai latar belakang dan kemampuan yang berbeda-beda, bahkan situasi yang berbeda membutuhkan cara yang berbeda pula. Sesekali cobalah melawan arus, raih kesuksesan dengan cara dan jalan Anda sendiri, selama anda merasa yakin mampu meraihnya.

4.     Mitos orang sukses tidak pernah melakukan kesalahan atau tidak pernah gagal.

Anggapan itu tentu saja salah, karena Faktanya orang sukses pun hanyalah manusia biasa sehingga bisa saja pada awal-awal merintis usahanya banyak melakukan kesalahan sehingga mengalami banyak kegagalan.  Tapi orang sukses tidak akan gampang menyerah, setiap kali mengalami kegagalan, mereka akan selalu bangkit, dan tidak mengulangi kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

Mereka menjadikan kesalahan tersebut sebagai pengalaman dan pelajaran berharga agar lebih terpacu untuk meraih kesuksesan.

5.     Mitos bahwa kesuksesan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor keberuntungan.

Sebenarnya hanya dibutuhkan sedikit keberuntungan untuk meraih kesuksesan. Yang paling dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan adalah pengetahuan (ilmu, skill,dll), usaha, kerja keras, doa dan keyakinan. Apabila semua jalan di atas sudah Anda jalani maka faktor keberuntungan akan menyertai langkah anda menuju kesuksesan, Insha Allah usaha tidak akan mengkhianati hasil dalam pepatah Arab juga ada ungkapan yang seirama, yaitu, Man Jadda Wa Jadda artinya, Siapa bersungguh-sungguh (dalam meraih sesuatu) dia akan mendapatkan (hasil/kesuksesan) nya.

6.     Mitos Jika Anda memiliki banyak uang (Modal) atau anak orang kaya misalnya, Maka otomatis Anda kan gampang menjadi orang sukses.

Pada kenyataannya, banyak anak orang kaya yang mendapatkan harta kekayaan dari warisan orang tuanya, tapi jatuh miskin karean tidak bisa mengelola kekayaan, atau usaha yang diwariskan orang tuanya tersebut.

Jadi faktor ilmu, pengetahuan, skill, dan pola fikir sang anak sangat menentukan, untuk bekerja keras dan cerdas berusaha untuk mempertahankan kesuksesan orang tuanya bahkan menjadikannya lebih maju lagi. Ini tidak akan berlaku untuk anak-anak yang mindsetnya hanya berleha-leha, berfoya-foya menikmati dan menghambur-hamburkan hasil kekayaan orang tuanya. Orang seperti ini tidak akan bertahan lama, dan akhirnya bangkrut.

7.      Ada mitos yang mengatakan bahwa Anda telah sukses jika kesulitan telah berakhir.

Itu juga anggapan yang salah, Karena kenyataannya Saat satu kesulitan telah berakhir, Anda akan menghadapi kesulitan lainnya. Anda harus terus sipa perang untuk menyingkirkan kesulitan-kesulitan lainnya yang akan terus berdatangan. Karena sebenarnya jalan menuju kesuksesan sangatlah panjang sehingga anda jangan pernah merasa puas, jangan pula putus asa, patah semangat atau menyerah, Tetaplah berjuang dengan penuh semangat, Karena Hidup Adalah Perjuangan.

8.      Ada juga anggapan yang mengatakan bahwa kesuksesan harus diakui oleh semua orang.  Menurut saya ini masuk dalam Mitos, Karena perlu Anda ingat, ukuran sukses setiap orang sangat relatif sifatnya.

Apabila Anda telah merasa meraih goal yang Anda tuju dan sudah merasa sukses, belum tentu orang lain mengatakan hal yang sama. Karena pastinya goal atau cita-cita orang lain mungkin berbeda dangan kita.

Intinya, tidak usah memikirkan apa kata orang lain. Saat Anda merasa puas dengan apa yang telah Anda capai maka itu sudah bisa dikatakan sukses untuk anda.

Nah, itu dia beberapa Mitos yang banyak beredar di fikiran masyarakat kita tentang kesuksesan, sudah kita bahas bersama Realitasnya sebenarnya.

Kembali pada mindset kebanyakan orang, bahwa kekayaan dan banyak uang selalu diidentikkan dengan kesuksesan. Tidak terlalu salah juga, tapi perlu diingat, Sebenarnya uang hanyalah salah satu dampak dari kesuksesan.  Selain uang, ada dampak lainnya dari kesuksesan yang tak kalah penting, yaitu kepuasan dalam diri dan kebahagiaan karena sudah berhasil meraih apa yang sudah dicita-citakan.

Jika anda memiliki banyak uang tapi tidak pernah puas dan bahagia maka menandakan bahwa Anda tidak pernah sukses.

Jadi setiap orang memiliki persepsi yang berbeda terhadap kesuksesan. Semua itu tergantung bagaimana komitmen dalam diri individu saat ingin meraih kesuksesan. Jika Anda ingin meraih kesuksesan anda, kenapa tidak mulai saja dari sekarang?


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url