8 Mitos Tentang Kesuksesan Yang Banyak Beredar Di Masyarakat

 

Mitos sukses, tentang kesuksesan, apa itu kesuksesan

Pada Artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang Mitos yang banyak beredar dan diyakini oleh sebagian masyarakat kita. Nah ternyata selain yang sudah dibahas kemarin ternyata masih banyak lagi mitos-mitos lainnya. Apa saja kah itu? Yuk kita bahas lagi.

1.  Kesuksesan Instan

Mitos ini menggambarkan kesuksesan sebagai sesuatu yang dapat dicapai secara instan, tanpa usaha keras atau perjalanan panjang. Realitasnya, untuk meraih kesuksesan biasanya dibutuhkan dedikasi yang tinggi, kerja keras, dan ketekunan (konsisten). Tidak mungkin orang yang hanya onhkang-ongkang kaki tanpa berusaha sedikitpun, tiba-tiba mendapatkan kesuksesan, Kecuali dia orang yang BEJO (Mendapatkan anugerah/keberuntungan). Nah masalah keberuntungan akan kita bahas di poin berikutnya.

 

2.  Kesuksesan Tidak Memerlukan Keberuntungan

Sebagian orang ada yang berpikir bahwa kesuksesan sepenuhnya tergantung pada keberanian, kecerdasan dan kerja keras, tanpa memperhitungkan faktor keberuntungan. Faktanya, Keberuntungan atau peluang bisa jadi faktor yang memainkan peran penting dalam meraih kesuksesan.

 

Jadi Faktor Luck (keberuntungan)ini sering juga terjadi pada sebagian orang di dunia ini sehingga mereka bisa meraih kesuksesan yang awalnya dirasa tidak mungkin. Bagi saya pribadi faktor Luck ini adalah campur tangan Tuhan. Mungkin saja itu adalah jawaban dari doa-doa kita selama ini, kalaupun Anda merasa tidak pernah berdoa, mungkin saja itu dari doa-doa orang tua, istri, anak, atau saudara & teman-teman yang selalu mendoakan yang terbaik untuk kita. Karena doa adalah senjata yang ampuh bagi seorang muslim.

 

Kita pasti sering mendengar nasihat orang tua maupun orang lain yang kebanyakan mereka (kalaupun tidak semua) pasti berkata untuk meraih kesuksesan harus diawali dengan niat, lalu berusaha/ikhtiar dan jangan lupa berdoa.

 

3. Sukses Hanya Terkait dengan Uang

Mitos ini menyatakan bahwa kekayaan materi adalah satu-satunya indikator kesuksesan. Padahal kesuksesan sejati bisa mencakup kebahagiaan, kesehatan, hubungan pribadi yang baik, istri dan anak-anak yang soleh-soleha, keluarga yang rukun dan haromis, dan pencapaian tujuan pribadi.

 

4. Semua Orang Bisa Menjadi Sukses dengan Cara yang Sama

Ada pandangan bahwa satu formula tunggal dapat membuat semua orang sukses. Namun, pada Realitasnya, setiap individu memiliki latar belakang, keahlian, dan perjalanan yang unik dan berbeda-beda.

Tidak ada suatu cara yang cocok untuk semua. Setiap orang membutuhkan cara yang berbeda-beda pula tergantung situasi & kondisi yang dihadapinya saat itu.

 

5. Kesuksesan Bisa Diraih Tanpa Perlu Bantuan orang lain

Ada juga orang yang berkeyakinan bahwa seseorang bisa mencapai kesuksesan mereka sendiri, tanpa bantuan atau dukungan dari orang lain. Padahal, membangun jaringan relasi dan hubungan positif degan orang lain dapat berkontribusi secara signifikan terhadap kesuksesan seseorang. Dan seringnya malah dengan semakin banyaknya relasi, koneksi, ataupun teman, bisa membuka lebih banyak jalan menuju kesuksesan.

 

7. Mengejar Kesuksesan Merugikan Waktu Keluarga dan Keseimbangan Hidup

Beberapa orang mungkinda saja yang beranggapan bahwa untuk mencapai kesuksesan memerlukan pengorbanan besar dalam hal waktu, keluarga dan keseimbangan hidup. Namun Kenyataannya, banyak orang sukses yang tetap menjaga keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi. Kesibukannya tidak membuat waktunya untuk beribadah dan untuk keluarga jadi hilang.

 

8. Kesuksesan hanya bisa dicapai dengan keberuntungan

Ini adalah kebalikan dari Poin nomor 2 di atas. Keberuntungan memang dapat membantu, namun kesuksesan juga memerlukan kerja keras, ketekunan, dan kemampuan untuk memanfaatkan peluang yang ada.

Ingat pembahasan pada nomor 2 di atas, untuk mencapai kesuksesan kita memerlukan niat yang kuat, karena seperti pepatah yang mengatakan dimana ada niat disitu ada jalan, artinya jika kita sudah mempunyai niat dan tekat yang kuat, tentu kita akan berusaha sebisa mungkin untuk mencari jalan mewujudkan mimpi-mimpi kita. Jangan lupa setelah niat & usaha, kita juga tidak boleh meninggalkan faktor yang tidak kalah pentingnya, yaitu Doa.

Jangan pernah berpikir kalau sudah takdirnya sukses, nanti juga akan sukses sendiri tanpa berusaha, hanya ongkang-ongkang kaki sambil rebahan, lalu kita bermimpi suatu saat akan menjadi orang sukses. Tidak semudah itu Ferguso, Rezeki tidak akan turun sendiri dari langit tanpa kita jemput. Jangan berharap kau akan jadi kaya raya tanpa berusaha. Allah tidak akan mengubah nasib seseorang sampai orang tersebut berusaha mengubah nasibnya sendiri.

Kecuali kalian adalah anak orang kaya, yang suau saat akan mendapat warisan dari orang tua, nah itu sih beda lagi ceritanya. Tapi sering juga kenyataan tidak semanis harapan, banyak juga orang yang sudah yakin sekali bakal mendapatkan harta warisan yang banyak, eh malah direbut oelh saudaranya yang lain.

Nah, Kesimpulannya, Penting bagi kita untuk menyadari bahwa persepsi tentang kesuksesan dapat bervariasi, Beda orang beda persepsi. Dan setiap perjalanan menuju kesuksesan bersifat unik. Dengan Membongkar mitos-mitos ini diharapkan dapat membantu kita mendapatkan pemahaman yang lebih realistis dan sehat tentang konsep kesuksesan.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url