Penyebab Kita Sering Merasa Ngantuk di Pagi Hari

 

Penyebab kantuk di pagi hari, sering ngantuk pagi hari

Apakah Anda sering merasa ngantuk di pagi hari? Walaupun sudah cukup tidur 8 jam atau bahkan lebih bagi yang hoby tidur. Tapi biasanya saat pagi terutama di tempat kerja, tetap saja sering merasa mengantuk. Mungkin ini dialami sebagian besar orang, bahkan termasuk saya sendiri, hehe.. 

Dan sepengalaman saya, menahan kantuk saat sedang bekerja itu sangat-sangat menyakitkan, sulit sekali, karena walaupun sudah ditahan sekuatnya tetap saja mata sering terlelap beberapa saat, dan terbangun kaget, nah saat kaget itu lah biasanya kepala jadi pusing, kalau sudah begitu, sangat menyiksa & membuat mood hilang, tentu itu bisa mengganggu pekerjaan.

Sialnya, yang saya alami, ngantuknya susah hilang walaupun sudah cuci muka, minum kopi, dll.

Kenapa bisa begitu ya..??

Nah, setelah saya baca-baca untuk mencari tahu penyebabnya, Saya menemukan sebuah artikel di koran Radar Sampit. Disebutkan hal ini Kemungkinan terjadi karena kelelahan pada siang harinya, stress, atau juga emosi yang kurang terkendali.

Tapi bagaimana dengan Anda yang kerjanya hanya duduk seharian di kantor? Tapi keesokan harinya tetap tidak dapat bangun dengan segar bugar?

Pekerja kantoran biasanya memang tidak banyak melakukan aktifitas fisik yang berarti, namun kemungkinan ada kesalahan yang terjadi dalam mekanisme tubuh Anda.

Pemicu rasa kantuk di pagi hari adalah karena faktor Kekurangan zat besi. Sebagian besar wanita mengalami kekurangan kadar zat besi dalam tubuh. Bahkan 91% perempuan di Inggris dengan rentang usia 16 hingga 64 tahun mengalami hal ini karena program diet yang dijalankan.

Kurangnya kadar zat besi menjadi penyebab kelelahan dan penurunan kemampuan dan konsentrasi. Ini akan terus meningkat menjelang sore hari. Untuk menyeimbangkan kadar zat besi, sesekali Anda boleh mengganti makan malam Anda dengan menu steak.

Berikut tips dari Oliver Gray, pendiri Energise You, sebuah perusahaan yang berkonsentrasi dalam bidang kesehatan.

"Melalui beberapa tips ini, Dapat membantu Anda mengembalikan energi pada pagi hari."

1. Untuk menu makan siang dan malam, Anda dapat mengkonsumsi makanan dengan porsi seperti biasanya. Hanya saja, tambahkan snack atau makanan kecil pada pertengahan pagi dan sore hari sebagai tambahan energi. Proses pengolahan sarapan pagi menjadi energi hanya cukup hingga pertengahan atau menjelang siang, tidak sampai siang tengah hari dimana Anda biasanya kembali mengisinya pada jam istirahat siang.

2. Pada menu makanan, suka atau tida ksuka, sebaik nya Anda menyelipkan sumber karbohidrat, misalnya buah, sayuran, coklat, dan sumber protein. Makanan yang mengandung lemak tinggi juga dapat meningkatkan energi, akan tetapi pilih yang mengandung lemak baik seperti ikan, kacang-kacangan, atau minyak zaitun pada salad dan tumisan.

3. Jika biasanya Anda hanya mengkonsumsi sayur dan buah dalam porsi sedikit, mulai sekarang Anda wajib menambahkan porsinya.

4. Kurangnya air dalam tubuh pun menjadi pemicu rasa kantuk dan lelah. Air sangat dibutuhkan untuk penyerapan makanan dalam tubuh, untuk itu penuhi kebutuhan air denganmenyediakan minuman 1 hingga 2 liter setiap harinya.

5. Tambahkan suplemen zat besi, jika Anda merasa masih kurang. Minum Juga vitamin C yang bisa membantu penyerapan zat besi dengan baik. Suplemen penambah zat besi dalam bentuk cair ataupun tablet ini tidak akan menimbulkan gangguan pada lambung.

Nah itu dia 5 Tips untuk mengatasi rasa kelelahan pada tubuh yang bisa menyebabkan rasa kantuk di pagi hari, Semoga bermanfaat.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url