Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan

Dragon Fruit Buah naga


Siapa yang tidak tahu buah Naga? Pasti semua orang tahu, bahkan mungkin semua orang sudah pernah memakannya. buah merah ini sangat mudah dikenali karena bentuknya yang unik, sekilas dilihat seperti bola api (kelopaknya seperti api yang sedang menyala).


Selain enak rasanya, juga mempunyai banyak manfaat & khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut pembahasan detail tentang Manfaat dan Khasiat buah naga untuk Kesehatan :


Asal usul buah Naga

Buah naga adalah buah dari sejenis tanaman kaktus dari keluarga Hylocereus dan Selenicereus, yang berasal dari Mexico, Amerika Tengah juga Amerika Selatan.


Hylocereus Hanya mekar di malam hari, dan layu di pagi hari. Karena keindahan bunganya saat mekar itulah buah Naga dijuluki juga Moonflower atau Queen of the Night.


Sekitar Tahun 1870, orang2 Prancis membawa tanaman ini dari Guyana ke Vietnam, sebagai tanaman hias. Oleh orang-orang Vietnam dan Cina buah dari tanaman ini dianggap membawa berkah. Oleh karena itu , buah ini selalu ditaruh diantara dua ekor patung Naga di atas meja Altar.


Kebiasaan inilah yang membuat buah tersebut dikenal dengan nama Thang Loy, yang artinya buah Naga. Setelah Tanaman ini menyebar & dibudidayakan di Negara-negara lainnya. Istilah Thang Loy Lalu diterjemahkan ke dalam bahasa inggris, yaitu Dragon Fruit (Buah naga dalam bahasa Indonesia).


Kini Buah Naga juga sudah dibudidayakan di berbagai negara di Asia Tenggara seperti Vietnam, Taiwan, Filipina, Malaysia, termasuk negara kita Indonesia.  Selain itu buah naga juga sudah dibudidayakan di negara Jepang, Cina, Australia, bahkan Israel. 


Jenis-jenis Buah Naga

Buah Naga mengandung pewarna alami yang disebut antosianin, Zat ini lah yang membuat warna merah terang pada buah naga, Selain warna merah, buah naga juga mempunyai warna lainnya, Ada 4 jenis Buah Naga yang ada di dunia, Yaitu :


 1. Buah Naga Putih (Hylocereus Undatus) Kulitnya berwarna Merah cerah dengan daging buah berwarna Putih

2. Buah Naga Merah (Hylocereus Polyrhizus) Kulitnya berwarna merah muda dengan daging buah berwarna merah

3. Buah Naga Kuning (Selenicereus Megalanthus) Kulitnya berwarna Kuning dengan daging buah berwarna Putih

4. Buah Naga Hitam (Hylocereus Megalanthus) Kulitnya berwarna merah dengan daging buah berwarna hitam (merah pekat).


Buah Naga

Kandungan Nutrisi dalam Buah Naga & Manfaatnya untuk Kesahatan

Buah naga Merah adalah salah satu buah yang banyak sekali manfaatnya, mulai dari daging buahnya, batang buahnya, bahkan kulit buahnya memiliki banyak kandungan Gizi & Vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh dalam memelihara kesehatan bahkan bisa digunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit.

Berikut beberapa kandungan Vitamin dalam buah naga dan manfaatnya bagi tubuh :


1.  Vitamin C

Berfungsi sebagai antioksidan yang baik sekali untuk melindungi tubuh kita dari radikal bebas. Vitamin C juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh, membantu penyerapan zat besi yang penting untuk meningkatkan produksi sel darah merah (hemoglobin) sehingga tubuh tidak kekurangan darah (Animea) , dan merangsang pembentukan kolagen, yang berfungsi penting dalam memperkuat jaringan kulit, tulang, gigi, sendi, ligamen, urat, dan pembuluh darah.


2.  Vitamin B2

Vitamin B2 berfungsi mengubah makanan yang kita makan menjadi energi, sehingga sangat penting untuk kelancaran metabolisme tubuh kita.


3.  Vitamin B3

Vitamin B3 atau niacin sangat baik untuk kulit, sistem syaraf, dan saluran pencernaan kita. Dengan asupan vitamin B yang cukup dapat menurunkan risiko penyakit seperti Preeklamsia, yaitu tekanan darah tinggi & protein yang tinggi dalam urine, migrain, yaitu sakit kepala yang terasa berdenyut pada satu sisi kepala saja, Katarak, yaitu penyakit mata yang ditandai dengan lensa mata menjadi keruh, sehingga penglihatan menjadi kabur, dan juga menurunkan resiki penyakit jantung.


4.  Magnesium

Buah naga juga banyak mengandung magnesium yang fungsi utamanya adalah untuk kesehatan tulang, membantu penyerapan kalsium serta vitamin D dalam tubuh, sehingga membuat tulang menjadi kuat & padat. Selain itu juga dapat mencegah & meringankan kram otot, meningkatkan stamina & kebugaran tubuh, menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, depresi, diabetes, hipertensi, serta meringankan gejala migrain, sakit kepala, stres & sindrom pramenstruasi.


5.  Zat Besi

Adalah salah satu jenis mineral yang sangat penting dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah, kemudian hemoglobin bertugas mengikat oksigen lalu mengirimkannya ke seluruh tubuh. Jadi jika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah pun berkurang, akibatnya kita akan mengalami kurang darah atau anemia.


6.  Kalsium

Kalsium berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang & gigi. Asupan kalsium yang cukup mampu mencegah tulang keropos atau penyakit osteoporosis.


7.  Antioksidan

Berfungsi untuk melindungi & mencegah sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan juga membantu meregenerasi sel-sel kulit yang rusak sehingga menjadi kencang kembali, menjaga penuaan dini & wajah anda akan terlihat tetap awet muda.


8.  Lycopene

Lycopene dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga akan menjauhkan anda dari penyakit kardiovaskuler seperti penyumbatan arteri yang bisa menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke.


Selain kandungan Nutrisi di atas, buah naga juga mengandung banyak serat. Serat mampu menyerap air, meningkatkan tekstur & volume tinja, sehingga bisa memperlancar proses BAB. Jika kita mengkonsumsi cukup serat maka akan terhindar dari sembelit.


Buah naga sama sekali tidak mengandung lemak dan rendah kalori, dalam 1 porsi buah naga (sekitar 100 gram) hanya mengandung sekitar 60 kalori. Jadi buah ini sangat cocok untuk cemilan pengganti makanan bagi mereka yang sedang diet.


Nah itulah beberapa Khasiat & Manfaat dari Buah Naga untuk kesehatan tubuh kita, sampai jumpa di pembahasan lainnya.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Alin
    Alin 23 Juni 2021 pukul 22.46

    Thanks ilmunya

Add Comment
comment url