Mengenal 4 Jenis Makanan yang Dapat Menurunkan IQ dengan Cepat

Makanan yang Dapat Menurunkan IQ, makanan tidak sehat, makanan cepat saji

Intelligence Quotient (IQ) atau tingkat kecerdasan manusia dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk lingkungan dan pola makan ( makanan yang kita makan).

Konsumsi makanan sehat dapat berkontribusi pada peningkatan kecerdasan manusia karena otak yang sehat juga berkaitan dengan kondisi saluran pencernaan, salah satunya keseimbangan mikroba di dalam saluran cerna tersebut.

Selain makanan yang dapat meningkatkan IQ atau kecerdasan manusia, ada pula jenis makanan yang dapat menurunkan IQ, Apa sajakah itu?? Berikut penjelasannya :

 

4 Jenis mkanan yang bisa menurunkan IQ:

1. Makanan Tinggi Lemak Jahat:

Yang dimaksud Lemak jahat adalah lemak jenuh, yaitu jenis lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein) dalam darah. Jenis lemak ini sering juga disebut sebagai "kolesterol jahat" karena dapat menyebabkan penumpukan plak di dinding arteri, yang bisa menyebabkan risiko penyakit jantung.

Konsumsi makanan dengan kadar lemak jahat yang tinggi dapat dapat menurunkan kualitas daya ingat dan memperkecil ukuran otak. Sehingga akibatnya juga bisa menurunkan IQ dalam waktu singkat, hanya dalam 9 hari.

Lemak jahat juga dapat menurunkan kemampuan kognitif hingga 20%, termasuk kemampuan otak untuk berpikir kritis, menyimpan ingatan, dan membuat keputusan.

Jadi batasilah Makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi, seperti mentega berlebihan, camilan manis, kue-kue kering, Susu tinggi lemak, keju, Makanan Cepat Saji yang digoreng dalam minyak jenuh, seperti kentang goreng dan ayam goreng. Dll.

Lebih jelasnya tentang lemak Jahat bisa baca di artikel berikut :

 Apa Itu Lemak jahat..??

2. Makanan dan Minuman Tinggi Pemanis Buatan:

Jenis makanan dan minuman dengan kandungan pemanis buatan, seperti soda, jus kemasan, dan minuman berenergi, dapat mempengaruhi IQ negatif. 

3. Karbohidrat yang Banyak Diproses:

Karbohidrat yang mengalami banyak proses dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah, mengganggu kerja otak, dan berpotensi menurunkan IQ.

4. Makanan Kemasan yang Tinggi Sodium, Pengawet, Gula, & Lemak:

Contoh makanan kemasan adalah makanan siap saji seperti sosis siap saji, mi instan, pop corn, dan kornet, yang tinggi sodium, pengawet, gula, dan lemak.

Makanan kemasan seperti ini cenderung rendah nutrisi tetapi tinggi kalori, yang dapat memicu obesitas dan menurunkan kinerja otak, sehingga dapat merugikan IQ kita.

Penjelasan mengapa makanan berlemak jahat dapat menurunkan IQ disampaikan oleh Prof. Kieran Clarke.

Menurutnya, makanan tinggi lemak dapat memengaruhi faktor genetik, stamina fisik, dan metabolisme.

Jadi, untuk menjaga tingkat IQ tetap optimal, sebaiknya hindari keempat jenis makanan tersebut di atas.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url