Keutamaan hari Jumat dan Anggapan yang salah kaprah


Apa yang ada di fikiran Anda jika mendengar hari Jumat? Bagi generasi 80-an pasti yang teringat adalah Jumat hari yang menakutkan, apalagi malam jumat kliwon, dipercaya sebagai malam bergentayangannya hantu-hantu, setan, jin & semua makhluk halus yang mengerikan. Saya juga pernah mengalaminya karena dari kecil selalu mendengar cerita-cerita horor tentang malam atau hari jumat, kenapa itu bisa terjadi?

Mungkin salah satunya disebabkan sejak era 80-an yang sering kita saksikan hampir di semua tayangan TV atau drama radio, bahkan majalah, komik, novel, dll yang selalu disajikan adalah cerita  horor, hari Jumat selalu dikaitkan dengan hari kebangkitan para makhluk halus. jadilah, hari Jumat adalah hari yang menyeramkan!

Tidak hanya itu, hari jumat juga dikesankan sebagai hari yang penuh keburukan dan kesialan, barang siapa bepergian di hari itu maka akan sial atau terjadi kecelakaan.

Di era Milenial seperti sekarang ada pergeseran makna tentang hari jumat, anak zaman milenial lebih mengenal hari atau malam jumat dengan sesuatu yang berkaitan dengan nafsu birahi, sering terdengar istilah sunah Rasul, saat malam jumat tiba, sunah rasul yang dimaksud adalah melakukan ritual persetubuhan dengan istri yang sah, tetapi makin kesini istilah ini makin menyesatkan, karena juga dipakai oleh anak-anak muda, abg-abg yang bahkan belum menikah, belum mempunyai pasangan yang sah, jadi istilah ini akhirnya jadi semakin melenceng dan seolah-olah menjadi legitimasi bagi mereka untuk berbuat tidak senonoh dengan pasangan tidak sahnya, dan ini sudah menjadi istilah yang biasa di zaman sekarang, sungguh miris, karena semua pemahaman tentang hari jumat yang dipaparkan diatas adalah tidak benar dan menyesatkan.

Andai Rasulullah Muhammad ﷺ masih hidup di tengah-tengah kita, dan mendengar tentang ini mungkin baginda akan sangat marah. Karena baginda Rasul sangat memuliakan hari Jumat. Dalam banyak riwayat, Rasulullah bahkan menyuruh kita untuk memuliakan hari itu juga.

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah pernah bersabda. “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihis Salam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan dari
padanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” [Hadist Riwayat Muslim]

Rasulullah juga pernah bersabda :Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)

Keistimewaan lainnya dari hari Jumat adalah dibandingkan hari-hari lainnya dalam sepekan ibarat bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya,  sebagai hari raya yang dikhususkan untuk umat islam, sebagaimana hari minggu untuk umat Nasrani dan hari sabtu untuk umat Yahudi. Dan dari 24 jam di hari jumat terdapat satu waktu mustajab yang apabila seseorang berdoa tepat di waktu itu maka doanya akan diijabah (dikabulkan), mustajabnya waktu itu sebagaimana mustajabnya malam lailatur qodar di bulan Ramadhan. Wallahu a’lam bissawab.
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Pramudya Dhio
    Pramudya Dhio 26 Desember 2018 pukul 09.07

    Untuk poin yang sunah rasul ini yang memang agak sebel yah , padahal belim merid udah berani beraninya buat status sunah rasul di FB ma WA
    wkwkkwkwkwkwkwkw

  • Unknown
    Unknown 2 Januari 2019 pukul 06.39

    tul gan,apalagi sering pake meme cewek cantik ad juga video nya cewek cantik dengan gaya2 centil bilang ini malam jumat lo mas,, bikin miris

Add Comment
comment url