TNI Hadang & paksa Tank Israel mundur, perang Israel - Lebanon berhasil digagalkan


Pasukan TNI kembali membuat Indonesia bangga, kali ini kembali menjadi sorotan dunia atas keberhasilannya menggagalkan perang yang hampir terjadi antara tentara Israel dengan Pasukan Lebanon.





Peristiwa itu terjadi belum lama ini (Jumat, 19 Juni 2020) di daerah Blue Line alias garis biru perbatasan negara Lebanon dengan Israel.

Para prajurit  TNI yang mempunyai nyali besar menghadang Tank israel tersebut adalah personel Kontingen Garuda XXIII-M / Pasukan Sementara PBB di Libanon (UNIFIL).




Kejadian berawal saat Personel TNI yang ditugaskan untuk membantu PBB, mendapati di lokasi tersebut, tentara Israel dan Lebanon telah siap dalam posisi tempur.

Saat itu tentara Israel menggunakan tank Merkava dan sudah menerobos pagar kawat perbatasan kedua negara.

Sementara tentara Lebanon pun sudah siap dengan RPG dan senjata berat untuk menggempur pasukan dari negeri Yahudi itu.




Suasana benar-benar mencekam saat itu dan pertempuran tinggal menunggu detik-detik akan meletus di area garis biru tersebut.

Namun, sejumlah prajurit TNI dengan gagah berani berjaga tepat di tengah-tengah area garis biru.

Tanpa rasa takut, prajurit TNI menghadang tank Israel dan memaksa mereka kembali ke wilayah negaranya.

Prajurit TNI berdiri membentuk barisan pagar betis dan mengibarkan bendera PBB sambil juga memberikan isyarat pada tentara Israel untuk balik arah.




Yang lebih hebatnya lagi, para prajurit TNI tetap memerintahkan tank Israel untuk mundur meski moncong meriam tank sedang mengarah kepada mereka.

Sedangkan di sisi berlawanan, dan di saat yang bersamaan tentara Lebanon masih dalam formasi siap tempur dengan senjata mengarah ke tank Israel.

Untunglah akhirnya tank Israel berhasil dipaksa balik arah dan kembali ke wilayah negaranya dan tentara Lebanonpun akhirnya keluar dari area Blue Line.




Untuk diketahui, prajurit TNI memang ditugaskan PBB untuk mengawasi wilayah perbatasan Israel dan Lebanon.  Area Blue Line atau Garis Biru sendiri merupakan demarkasi perbatasan geopolitik yang telah ditetapkan PBB sejak tahun 2000.

Berikut Video detik-detik saat prajurit TNI menghadang tank Israel :



Sumber : Viva.co.id

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url