Air Terjun Merah, Objek wisata tersembunyi di Sampit Kalimantan Tengah

Air Terjun Merah kalap gadur

Kawasan Ujung Pandaran kecamatan Teluk Sampit Kalimantan tengah, ternyata tidak hanya memiliki destinasi wisata berupa pantai nan indah, ternyata ada potensi wisata lain yang sangat unik dan masih belum banyak diketahui orang. Yakni, air terjun merah. Masyarakat setempat menyebutnya air terjun merah, karena warna airnya yang kemerahan.

Spot wisata ini terletak di kampung Kalap Gadur. Air nya yang berwarna kemerah-merahan dan sangat jernih ini mengalir dengan deras dari atas tebing yang hanya setinggi sekitar tiga meter. Warnanya yang merah karena mengalir dari tanah gambut.

Saat panas terik, suara gemuruh dan gemericik dari air yang berasal dari wilayah hulu hutan pedalaman ini, memberikan nuansa alami yang berbeda. Lokasi ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luar daerah tersebut. Sehingga suasananya masih terasa sangat alami, asri & eksotis.


AIr terjun Merah Ujung Pandaran


Saat musim hujan, debit air semakin banyak, air terjun akan semakin deras & indah. Jika kemarau tidak terlalu deras, karena debit air berkurang.

Untuk mencapai lokasi air terjun  merah di kampung Kalap Gadur, dapat ditempuh dari desa Ujung Pandaran menuju arah kabupaten Seruyan. Hanya dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit atau sejauh 20 kilometer, baik dengan mengendarai mobil maupun sepeda motor.

Sebelum sampai di spot air terjun tersebut, kita akan melewati padang rumput yang sangat luas, disini kita akan disajikan sensasi seakan-akan sedang mengarungi padang savana hijau dengan pemandangan yang masih sangat alami.


Padang Savana kalap Gadur


Air yang turun langsung mengalir ke sungai kecil hingga menuju ke bibir pantai. Potensi ini sangat bagus jika dikembangkan sebagai bagian dari objek wisata pantai ujung pandaran, yakni wisata darat dan laut. sehingga bisa menjadi salah satu pariwisata andalan kabupaten Kotawaringin Timur.

Setelah puas bermain air di air terjun merah, kita juga bisa meneruskan petualangan ke destinasi wisata lainnya yaitu pantai sungai bakau, yang ada di wilayah kabupaten Seruyan (tetangga kabupaten kotawaringin timur). Berjarak kurang lebih 40km dari pantai ujung pandaran.


Pohon Cemara kalap gadur


Sepanjang Jalan dari ujung pandaran sampai ke kota Kuala pembuang kabupaten seruyan ini terkenal begitu indah. Kita akan disajikan pemandangan alami nan eksotis yang tidak akan ditemukan di wilayah lainnya di Kalimantan tengah. Karena sepanjang jalur tersebut, Kita akan menyusuri jalan di tepian pantai, dengan pemandangan pantai & laut luas di sebelah kiri, dan padang savana hijau yang luas di sebelah kanan.


Padang Savana kalap


Di beberapa spot sepanjang jalan ditumbuhi juga pohon-pohon cemara yang makin menambah keindahan pemandangannya.

Seperti apakah sensasi menyusuri sepanjang jalan menuju pantai Bakau ini?? Akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Kalian bisa melihat langsung pemandangan air terjun merah di video berikut ini :



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url