KEUTAMAAN BERSEDEKAH DI HARI JUM'AT BUKANLAH BID'AH.!!

 SEDEKAH DI HARI JUM'AT

Beberapa waktu lalu saya melihat video pembahasan tentang beberapa keutamaan di hari jumat dibanding hari-hari lainnya, dan termasuk hukum melakukan amalan yang dikhususkan pada hari itu, salah satunya bersedekah.

Dalam video tersebut Ada 2 orang ustad dari kalangan salafi yang saling berbeda pendapat akan keutamaan bersedekah di hari jumat ini.

Salah satu ustad berinisial UKB setuju akan keutamaan sedekah di hari jumat, beliau juga menjelaskan beberapa alasan & dalil pendukungnya.

Sedangkan ustad yang satunya berinisial UYJ, membantah akan keutamaan & kelebihan bersedekah di hari jumat tersebut dengan alasan tidak ada dalil & tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah .

Nah, mana kah sebenarnya dalam pandangan kalangan Aswaja??

Berikut penjelasannya :

Perlu diketahui bahwa bersedekah adalah amal shalih dan bukan termasuk Ibadah Mahdhah yang dalam rincian semisal waktu, tempat dan tata caranya sudah di tetapkan dalam Agama seperti Shalat, Zakat, Haji, Puasa dan semisalnya.

Namun ini Ghoiru Mahdhah yang bersifat umum sehingga boleh dilakukan kapan saja selama tidak ada dalil tegas yang melarangnya apakah itu dari segi tata cara, waktu dan juga tempatnya.


Dari ABDULLAH BIN DINAR Radhiallahu 'Anhu, dia mengatakan :

عن ابن عمر رضي الله عنهما قال : كان النبي ية يأتي مسجد قباء كل سبت ماشيا وراكبا، وكان عبد الله رضي الله عنه يفعله.

Dari Ibnu Umar Radhiallahu 'Anhuma dia berkata : NABI Shallallahu 'Alaihi Wasallam selalu mendatangi Masjid Quba setiap hari sabtu dengan berjalan kaki maupun berkendaraan, dan Abdullah (Bin Umar) Radhiyallahu 'Anhu juga biasa melakukannya. . [HR. Bukhari : No. 1193].


IMAM IBNU HAJAR AL-ASQALANI Rahimahullah mengatakan :

ﻭﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻋﻠﻰ ﺍﺧﺘﻼﻑ ﻃﺮﻗﻪ ﺩﻻﻟﺔ ﻋﻠﻰ ﺟﻮﺍﺯ ﺗﺨﺼﻴﺺ ﺑﻌﺾ ﺍﻷﻳﺎﻡ ﺑﺒﻌﺾ ﺍﻷﻋﻤﺎﻝ ﺍﻟﺼﺎﻟﺤﻪ ﻭﺍﻟﻤﺪﺍﻭﻣﻪ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ .

Dan di dalam hadits ini dari beragam jalur riwayatnya terdapat dalil atas bolehnya mengkhususkan sebagian hari dengan sebagian amal shalih dan merutinkan hal tersebut. . [Fathul Bari : Jilid 3, Halaman 69].

Oleh karnanya, menurut kami tidaklah terlarang bagi siapapun yang mengkhususkan hari Jum'at untuk lebih banyak bersedekah terlebih lagi hari tersebut memang memiliki keutamaan dari hari-hari lainya.


NABI Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda :

 خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة.

Sebaik-baik hari kala matahari terbit di atasnya ialah hari Jum'at. . [HR. Muslim : No. 854]


IMAM ASY-SYAFI'I Rahimahullah mengatakan :

 بلغنا عن عبد الله بن أبى أوفى : أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : "أكثروا الصلاة على يوم الجمعة، فإنى أبلغ وأسمع". قال : ويضاعف فيه الصدقة.

Telah sampai kepada kami dari Abdullah Bin Abi 'Aufa : Bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : "Perbanyaklah kalian shalawat pada hari Jum'at, karna aku pasti tau dan juga mendengar". Maka kukatakan : Dan akan berlipat ganda pula di hari Jum'at pahala sedekah..[Al-'Umm : Jilid 2, Halaman 431]


IMAM AL-KHATIB ASY-SYARBINI Rahimahullah mengatakan :

 فلقول الشافعي رضى الله عنه : بلغني أن الدعاء يستجاب في ليلة الجمعة، وللقياس على يومها، ويسن كثرة الصدقة وفعل الخير في يومها وليلتها، ويكثر من الصلاة على رسول صلى الله عليه وسلم في يومها وليلتها لخبر : إن من أفضل أيامكم يوم الجمعة

Maka dikatakan oleh Imam Asy-Syafi'i Radhiallahu 'Anhu : Telah sampai kepadaku bahwa doa itu di ijabah di malam Jum'at, dan ini diqiyaskan dengan siang harinya, hingga disunnahkan pula memperbanyak sedekah dan melakukan kebaikan di waktu siang dan malamnya, serta memperbanyak shalawat pada RASULULLAH Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam di saat siang dan malamnya berdasarkan hadits : Bahwa diantara hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum'at. . [Al-Iqna' Fi Halli Alfadzi Abi Syuja' : Jilid 1, Halaman 384]


IMAM IBNUL QAYYIM AL-JAUZIYAH Rahimahullah mengatakan :

 أن للصدقة فيه مزية عليها في سائر الأيام، والصدقة فيه بالنسبة إلى سائر أيام الأسبوع، كالصدقة في شهر رمضان بالنسبة إلى سائر الشهور. وشاهدت شيخ الإسلام ابن تيمية قدس الله روحه، إذا خرج إلى الجمعة يأخذ ما وجد في البيت من خبز أو غيره، فيتصدق به في طريقه سرا

Sungguh bersedekah di hari Jum'at memiliki keistimewaan daripada hari-hari yang lain, dan sedekah di hari itu jika di timbang dengan sisa hari yang lain dalam satu minggu, perbandinganya seperti sedekah di bulan Ramadhan dengan sedekah di selain bulan Ramadhan. Akupun pernah melihat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah yang Semoga ALLAH mensucikan ruhnya, jika beliau pergi di hari Jum'at maka beliau membawa apa yang ada di dalam rumahnya baik roti atau selainnya, lalu beliau sedekahkan itu di jalan secara diam-diam. . [Zaadul Ma'ad : Jilid 3, Halaman 18].

Berikutnya kritikan kami untuk UKB bahwa apa yang beliau nukil dalam video, bukanlah hadits Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam . Namun sebatas pengetahuan kami, itu ucapan Ka'ab Al-Akhbar Radhiallahu 'Anhu.


IMAM IBNU ABI SYAIBAH Rahimahullah mengatakan :

 حدثنا أبو معاوية، عن الأعمش، عن مجاهد، عن عبد الله ابن ضمرة، عن كعب قال : "الصدقة تضاعف يوم الجمعة"

Telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah, dari Al-A'masi, dari Mujahid, dari Abdullah Ibnu Dhamrah, dari Ka'ab dia berkata : "Sedekah akan dilipatgandakan pahalanya di hari Jum'at". . [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah : Jilid 4, Halaman 154, No. 5556].


KA'AB AL-AKHBAR Radhiallahu 'Anhu mengatakan :

 ولم تطلع الشمس ولم تغرب في يوم أعظم من يوم الجمعة، والصدقة فيه أعظم من سائر الايام. قال ابن عباس : هذا حديث أبي هريرة وكعب

Tiada mentari yang terbit dan terbenam di suatu hari yang lebih mulia dari hari Jumat, dan bersedekah di hari itu pahalanya lebih besar dibanding hari-hari lainnya. Ibnu Abbas berkata : Ini adalah hadits Abu Hurairah dan Ka'ab . [Mushannaf Abdurrazzaq : Jilid 3, Halaman 256, No. 5558]

 Wallahu a’lam bissawab.

 Sumber pembahasan ini dari akun Ig & yotube CCTV ASWAJA

 Lebih jelasnya silahkan disimak pada Video berikut :


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url