4 Kebaikan & Manfaat Yoghurt untuk kesehatan

4 Kebaikan & Manfaat Yoghurt untuk kesehatan
Image by Aline Ponce from Pixabay

YOGHURT merupakan susu segar yang telah mengalami proses fermentasi. Fermentasi dilakukan dengan menambahkan 2 bakteri yang baik yaitu laktobacillus bulgaricus dan strephtillus thermopillus pada proses pasteurisasi susu. Kedua bakteri tersebut nantinya akan memfermentasi susu menjadi yoghurt.

Dilansir dari Koran Radar Sampit edisi Sabtu, 18 Desember 2010, bahwa Kandungan gizi yang ada didalam yoghurt sangat banyak, mulai protein, vitamin B12, kalsium, pantothenic acid, potasium, seng, riboflavin dan- fosfor.

Berikut adalah 4 Manfaat yoghurt :

1.  Menyehatkan saluran pencernaan.

Jadi yoghurt membantu meningkatkan kewaspadaan terhadap bakteri "jahat" yang masuk ke dalam usus sehingga dapat mencegah berbagai penyakit sistem pencernaan. Dampak jangka panjangnya adalah yoghurt mencegah kanker.

2.  Alternatif gizi bagi si Alergi susu.

Yoghurt sekalipun difermentasi mengandung kandungan gizi susu. Hal ini sangat bermam- faat bagi penderita alergi susu atau lactose intolerance karena laktosa pada yoghurt terpecah pada saat fermentasi sehingga kandungan lactosanya sangat sedikit. Namun, harap diingat bahwa yoghurt bukanlah peng- ganti susu utama bagi anak kecil. Karenat selain anak masih membutuhkan lemak dan protein susu pada masa pertumbuhannya dan biasanya anak-anak lebih menyukai susu

3.  Yoghurt bermanfaat mempercantik Anda.

Pada dasarnya kandungan yang berubah pada susu yang difermentasikan menjadi yoghurt adalah kadar lemak pada susu berkurang, pada yoghut Pada yoghurt mengandung zinc, kalsium, vit B1, B2, B6, B12 serta mengandung protein dan ragi.

Unsur-unsur tersebut sangat bermanfaat sebagai enzim yang berguna bagai pelembab alami untuk kulit, wajah, dan rambut. Karena yoghurt salah satu sumber pelembab yang alami pada kulit dan rambut.

Bila dipakai di wajah dan rambut juga sangat berguna sekali yaitu mengencangkan wajah dan melembabkan rambut sehingga berkilau.

4.  Menetralisir enzim pada lambung.

Karena bersifat asam maka yoghurt dapat menetralisir enzim pada usus manusia yang cenderung basa. Jika anda bukan penderita mag akut atau berat maka masih bisa mengkonsumsi yoghurt dengan aman asalkan dikonsumsi sesudah makan.

Bentuk Yoghurt sendiri ada beberapa jenis, yaitu berupa puding agak encer, frozen yoghurt atau froyo dimana sangat disukai oleh semua kalangan usia, dimana yoghurt biasanya dibuat dengan rasa vanilla dan di makan dengan potongan buah segar.

Untuk Anda yang sedang diet cocok sekali makanan Yoghurt ini dan pastinya sehat bukan?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url